***** SELAMAT DATANG DI http://rian-bp.blogspot.com *****

cegah bencana cara gue




Bencana, bencana, dan bencana, tidak hanya di indonesia, diduniapun banyak terjadi bencana yang sangat luar biasa, bahkan indonesia kemarin kemarin sempat menghebohkan dunia, bukan dengan dunia sepak bolanya, namun oleh tragedi tragedi bencana alamnya, seperti gunung meletus, bencana banjir, dan tsunami, bahkan sekarang masyarakat dihebohkan dengan harga cabai yang melonjak tinggi dikarenakan gagal panen dan salah satu faktor kegagalan panen karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Tidak perlu jauh jauh melanglangbuana menuju tempat - tempat lain di tanah air, ditanah yang saya tinggali saja, yaitu dikabupaten subang, banyak terjadi bencana akhir - akhir ini mulai dari bencana banjir di daerah pantai utara ( pantura) subang yang mengakibatkan terendamnya sawah dan melumpuhkan perekonomian warga, tidak hanya bencana banjir, cuaca buruk yang akhir - akhir ini terjadi, juga membuat aktifitas warga menjadi terhambat. Global warning, sesuatu yang menjadi momok untuk kelanjutan kehidupan dibumi ini yang mengancam generasi generasi penerus, dengan kondisi lingkungan yang sudah tercemari oleh ulah - ulah tangan jahir manusia yang hanya memikirkan kepuasan harta semata, tanpa memikirkan kelanjutan nasib anak cucu mereka.
Subang, wilayah yang sangat berpotensi disemua bidang, mengapa ? karena subang merupakan miniaturnya indonesia, ko bisa ? karena subang memiliki apa semua kekayaan alam yang ada pada indonesia, lalu kenapa bencana banjir, cuaca buruk, longsor, dsb, masih saja datang menghampiri subang ?
pegunungan yang menjulang, apabila kita telusuri lebih jauh dapat kita lihat kondisi pegunungan tersebut, gundul, botak. Pepohonan hilang satu persatu, lalu apa langkah kongkrit yang sudah dilakukan oleh pemkab subang ? lewat media pemkab subang telah mengkampanyekan penanaman pohon pepaya, namun nyatanya ini semua tidak akan efektif apabila tidak ada peran serta dari semua masyarakat subang dan mungkin yang bisa lebih jauh memcntu adalah elemen - elemen baik itu instansi - instansi, ormas - ormas, sekolah dan lain sebagainya, mengapa ?karena jelas mereka mempunyai masa yang tidak sedikit, namun tidak hanya penanaman pohon pepaya saja yang digalang oleh pemkab subang, penanaman pohong mangrope untuk daerah kawasan pantai disubang agar tidak terjadi bencana banjir akibat air pasang laut, ada juga cara yang sudah dilakukan oleh beberapa instansi dengan menanam pepohonan dipinggir jalan agar subang lebih rindang dan pengendara dan pejalan kakipun lebih nyaman, namun langkah ini tidak akan efektif kembali apabila pohon yang sudah ditanam dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan dan pengawasan dari pihak yang bersangkutan dan lewat dunai maya pun komunitas bloggersubang.com ( KBS ) melakukan kampanye “blogger subang go gren”,.

Dan ini semua kembali lagi kepada kita, apa kita bisa untuk tidak mencemari lingkungan ? apa kita bisa menjaga lingkungan ? sebenarnya semua bisa kita lakukan dengan semangat " rakyat subang gotong royong, subang maju ". Oleh karena itu mari kita bangun kabupaten subang yang bersih, indah, rindang, dan nyaman dengan menanam pepohonan, jangan hanya gedung saja yang mampu menjulang tinggi kita buat pepohonan yang mampu menjulang tinggi demi kelangsungan semua yang ada di bumi ini, karena pepohonan merupakan paru - paru kehidupan didunia. namun ingat jangan hanya tulisan dan slogan semata, langkah pasti, dan bukti yang nyata yang harus kita lakukan.

-Artikel ini diikutsertakan pada lomba menulis Blogger Subang 2011-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

KIW mengatakan...

mantab artikelnya.. moga menang y...
'n mampir ke sini y http://mahasiswa-belajar.blogspot.com/

Rizky mengatakan...

menang ga?

Posting Komentar